Kam. Des 2nd, 2021

zonapers.com , Jakarta.

Petugas Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) Prepedan, Kamal, menjadi garda terdepan menjaga kebersihan lingkungan di wilayah nya. Disaat kebanyakan orang melakukan kerja jarak jauh atau work from home (WFH) karena pandemi Covid-19.

Petugas beratribut oranye itupun tetap berjibaku membersihkan got,saluran air di wilayah Prepedan, bersiaga di situasi apapun, seperti yang di lakukan di prepedan rt008/009, Kamal, Tegal alur Kalideres Jakarta Barat, Jum’at 12/6/20.

Sepanjang musim pandemi mulai Maret 2020 lalu hingga hari ini, PPSU memang masih tetap bekerja seperti biasanya. Tak ada kebijakan baru yang sedikit melonggarkan tugas mereka di tengah wabah ini serta tak lupa membersihkan Jentik jentik nyamuk guna mencegah wabah demam berdarah di lingkungan itu.

Bertemu banyak orang di jalan dan tak jarang harus memungut jenis sampah berbahaya seperti masker dan sarung tangan bekas membuat petugas PSSU lebih beresiko terpapar wabah di segala situasi.

” Keberhasilan PPSU Prepedan,bukan tanpa perjuangan. Layaknya pasukan khusus militer, petugas berseragam oranye ini mengemban tugas menangani persoalan darurat dan kecil di wilayahnya seperti membersihkan sampah, saluran air, memperbaiki trotoar, memangkas dahan pohon, dan membenahi kerusakan sarana dan prasarana umum lainnya sekaligus menjadi ujung tombak dalam menindaklanjuti keluhan masyarakat akan kebersihan wilayah.” Ujar Syaiful Anwar Ketua RW.09, Kamal.

” PPSU juga harus memiliki sikap disiplin dalam melakukan tugas. Setiap harinya serta harus mengikuti apel pagi hari untuk yang jadwal pagi dan apel sore untuk yang jadwal sore. Dalam apel PPSU tidak boleh terlambat karena akan mendapatkan pengarahan dari lurah atau aparatur kelurahan. Di akhir waktu kerja pun kelurahan melakukan evaluasi terhadap kinerja dan kendala yang dialami oleh PPSU pada hari tersebut.” Lanjut Syaiful.

Petugas PPSU juga layak disebut seperti tim reaksi cepat, setiap pelaporan atau keluhan masyarakat harus ditangani secepat mungkin. Tak peduli panas matahari yang menyengat atau hujan lebat sekalipun mereka siap terjun ke lapangan.

Namun permasalahan yang timbul di kelurahan tidak semua bisa diselesaikan sesegera mungkin. Tergantung seberapa besar permasalahan tersebut dan seberapa cukup ketersediaan alat yang digunakan.

” Dengan peralatan sederhana, kinerja PPSU pantas dibanggakan karena hasilnya bisa langsung dirasakan masyarakat.” Kata Iweng salah satu petugas PPSU.

Rasa kerja sama, kepedulian, dan tanggung jawab atas tugas-tugas di lapangan juga menjadi dasar keberhasilan PPSU serta tidak lepasnya dukungan warga Jakarta untuk mencapai harapan Jakarta bersih, nyaman, dan tertib.

( Dinu Ajie ).

Tinggalkan Balasan

Shares
CrestaProject