Kapolda Jabar Rotasi Pejabat Utama: Fokus Pengamanan Siber Jelang Pilkada 2024

Zonapers – Bandung, 10 Oktober 2024

Dalam langkah penting menghadapi tantangan keamanan jelang Pilkada 2024, Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., M.M., memimpin serah terima jabatan (Sertijab) sejumlah pejabat utama di Polda Jabar pada Kamis (10/10/2024). Sertijab ini menjadi sinyal kesiapan Polda dalam menjaga stabilitas keamanan, khususnya di dunia digital, yang semakin krusial di tengah kontestasi politik.

Dalam upacara penuh khidmat tersebut, Irjen Pol Wiyagus mengucapkan terima kasih kepada pejabat yang berpindah tugas atas kontribusi besar mereka. “Inovasi yang kalian bawa telah meningkatkan efektivitas kinerja di Polda. Saya berharap semangat ini terus berlanjut,” ujar Wiyagus.

Rotasi ini sekaligus menandai masuknya pejabat baru. Brigjen Pol Wibowo, S.I.K., M.Hum., resmi menjabat sebagai Wakapolda Jabar menggantikan Irjen Pol Bariza Zulfi. Kombes Pol Rumino Ardano, S.I.K., diangkat sebagai Direktur Lalu Lintas, dan Kombes Pol Rinto Prastowo, S.I.K., sebagai Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Jabar.

Namun, yang paling mencuri perhatian adalah pengangkatan AKBP Resza Radiansyah, S.I.K., sebagai Direktur Reserse Siber (Dirressiber) yang baru. Unit ini merupakan bagian dari program terbaru Kapolri, dengan fokus utama pada keamanan siber menjelang Pilkada 2024.

“Direktorat Reserse Siber akan menjadi garda terdepan dalam menjaga dunia maya tetap aman dari ancaman berita hoaks dan ujaran kebencian, terutama menjelang Pilkada,” kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Tahun ini, dengan empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur serta 27 daerah yang turut serta dalam Pilkada serentak, potensi gangguan siber meningkat. Direktorat Ressiber akan terus memantau aktivitas daring yang berpotensi memecah belah masyarakat dan menjaga situasi tetap kondusif.

Sertijab ini menandai transisi kepemimpinan yang penting, tetapi juga menunjukkan bahwa Polda Jabar siap menghadapi ancaman keamanan digital yang semakin nyata. Dengan kehadiran Direktorat Ressiber, Polda Jabar menegaskan komitmennya untuk menjaga keamanan dunia siber di tengah dinamika politik yang semakin panas.

Penulis: Ujs/Tim Liputan Polda Jabar Editor: RedaksiSumber Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *