TNI-Polri Sterilisasi Gedung DPR/MPR Jelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Zonapers – Jakarta

Menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, TNI dan Polri melakukan serangkaian persiapan pengamanan di Gedung DPR/MPR RI. Salah satu langkah utama adalah sterilisasi gedung dengan melibatkan Tim Penjinak Bom (Jibom) dan Anjing Pelacak (K-9), Sabtu (19/10/2024).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengungkapkan bahwa sterilisasi ini dilakukan di bawah kendali Paspampres sesuai dengan Protap Pamwaskita. “Kegiatan sterilisasi dari Jibom dan K-9 tentu ada, di bawah kendali Paspamres,” jelas Ade Ary.

Sterilisasi ini dijadwalkan berlangsung pada Minggu (20/10/2024), dengan pelaksanaan dimulai pada pukul 10.00 WIB. Sebanyak 224 personel Polri telah di-BKO-kan (Bawah Kendali Operasi) ke Paspampres untuk pengamanan di ring 1, sementara Polda Metro Jaya bertanggung jawab atas pengamanan di ring 2, yang mencakup area luar gedung.

Untuk memastikan persiapan berjalan lancar, Polda Metro Jaya bersama Pangdam Jaya, Mayjen TNI Rafael Granada Baay, dan Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto, menggelar Gladi Bersih di lapangan hari ini. “Gladi ini dilakukan untuk mengecek kesiapan personel di lapangan,” kata Ade Ary.

Sebagai bagian dari pengamanan, ribuan personel disiagakan untuk memastikan acara berjalan lancar, termasuk pengaturan lalu lintas di sekitar venue. Pengalihan arus lalu lintas akan diberlakukan mulai pukul 06.00 WIB pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Berikut rute pengalihan lalu lintas yang akan diterapkan:

Kendaraan dari TL Lapangan Tembak menuju Jalan Gatot Subroto akan diputar balik di kolong sekat 2 atau dialihkan ke tanjakan layang Ladokgi arah Semanggi.

Kendaraan dari tol dalam kota yang akan keluar di offramp Pulo Dua diluruskan ke arah Tol Tomang.

Lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur menuju Jalan Gelora/pintu belakang DPR/MPR diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar/Jalan Permata Hijau.

Arus dari Jalan Gerbang Pemuda menuju Jalan Gelora dialihkan ke Jalan Asia Afrika.

Kendaraan dari arah Semanggi menuju Slipi akan dialihkan ke Jalan Gerbang Pemuda, sementara kendaraan dari Slipi menuju Jalan Gerbang Pemuda diluruskan ke arah Semanggi.

Pengamanan dan pengaturan lalu lintas ini diharapkan dapat mendukung kelancaran dan keamanan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, serta menghindari kemacetan di sekitar gedung DPR/MPR RI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *