Menteri Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

ZONAPERS.com, Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia usai menjalani perawatan intensif sejak beberapa hari yang lalu.

Kabar duka tersebut dibenarkan oleh petinggi PDIP Junimart Girsang. Dia mengatakan Tjahjo Kumolo wafat pada hari ini, Jumat (1/7) sekitar pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta.

“Saya baru dapat kabar sekitar beberapa menit yang lalu, (Thahjo) sudah dipanggil Tuhan. Sekitar 11.20 WIB,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari PDIP Junimart Girsang kepada Media.

Sebelumny, Tjahjo masuk rumah sakit dan tengah menjalani perawatan intensif sejak dua pekan terakhir. Demikian konfirmasi yang disampaikan Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat.

Semasa hidupnya, Tjahjo dikenal sebagai seorang politikus Indonesia yang bernaung di bawah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Pria berkelahiran Solo, Jawa Tengah, 1 Desember 1957 ini mulai berkecimpung di dunia politik saat ia menjabat sebagai anggota Komisi II, III, dan anggota BKSAP DPR RI (1987-1992) serta Ketua Umum DPP KNPI pada 1990-1993.

Kariernya di PDIP dimulai sebagai direktur SDM Litbang tahun 1999 hingga 2002. Ia terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009-2014 dari PDIP dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I.

Tjahjo kemudian menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

Kariernya di PDIP melesat. Secara mengejutkan, Tjahjo dipilih oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal DPP PDIP periode 2010-2015.

Pada 2014, Presiden Jokowi meminta Tjahjo membantunya sebagai Menteri Dalam Negeri dalam Kabinet Kerja 2014-2019.

Terakhir, Tjahjo menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia sejak 23 Oktober 2019.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.