Melalui Komsos, Babinsa Ingin Lebih Dekat Dengan Rakyat

oleh -14 views

Zonapers.com,Demak-TNI dan masyarakat memang tidak dapat dipisahkan, karena TNI berasal dari rakyat dan akan selalu bersama-sama dengan rakyat dalam menjaga keutuhan NKRI. Untuk itu, TNI terus menjaga kemanunggalan TNI dengan rakyat, melalui pembinaan teritorial seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 10/Guntur Kodim 0716/Demak Koptu Agus Susanto. Dirinya melaksanakan Komunikasi Sosial bersama warga Desa Turi Tempel Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Rabu 12-08-2020.

Kepada awak media, Danramil Kapten Cba Haryono melalui Babinsanya mengatakan bahwa dalam memberdayakan kekuatan pertahanan, TNI harus berperan aktif dalam semua bidang termasuk Komsos ini sedangkan kekuatan TNI saat ini adalah Satkowil yang tergelar dari tingkat Desa, Kecamatan sampai Kabupaten/Kota.

Binter (Pembinaan Teritorial) merupakan salah satu fungsi utama TNI dan merupakan bagian tugas yang harus dilaksanakan untuk mewujudkan kemanungglan TNI dan rakyat dalam rangka tercapainya tugas pokok TNI.

Seorang Babinsa, kata Koptu Agus, harus memiliki kemampuan komunikasi sosial dengan komponen masyarakat dengan aparat pemerintah lainnya sehingga melalui komunikasi tersebut Babinsa dapat mengajak komponen-komponen yang ada untuk ikut berpartisipasi dalam perencanaan, penyiapan dan apa yang diinginkan oleh pemerintah sebagai program unggulan untuk mensejahterakan masyarakat.

Maka dari itu seorang Babinsa harus dapat menjiwai sikap teritorial dengan menjabarkan wujud nyata penghayatan dan pengamalan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dalam bentuk tingkah laku dan cara bergaul seperti : Murah senyum, Tegur sapa, Rasa hormat & terima kasih, Mengenali adat istiadat, Larut diri disetiap lapisan masyarakat, Positif dalam tata susila, Kesediaan untuk membantu, dan Selalu ikut giat keagamaan,“ tandas Babinsa yang murah senyum itu. (Pendim 0716/Demak).

Rep,adjie

Tinggalkan Balasan