Cikal Bakal Lahirnya Masyarakat Ulumoro’ö Bersatu (MUBER)

oleh -22 views


ZONAPERS.com, TANGERANG – ” Aoha noro nilului wahea, aoha noro nilului faoso, alisi tafadayadaya, hulu tafaolowaolo”, sebuah pepatah Nias yang bermakna tentang kekuatan dari sebuah kerjasama dan bagaimana antara satu dengan yang lainnya saling mendukung. Pepatah ini sudah sangat mendarah daging bagi Ono Niha (Anak-Anak Nias) termasuk bagi mereka yang berada diperantauan.
Pelaksanaan Deklarasi Masyarakat Ulumoro’ö Bersatu (MUBER) pada hari ini tak lepas dari dukungan semua pihak dan tentunya kerjasama diantara seluruh Masyarakat Ulumoro’ö baik yang ada di Kecamatan Ulumoro’ö, Kab. Nias Barat, Sumatera Utara maupun Masyarakat Ulumoro’ö yang ada di JABODETABEK. Adalah sebuah sukacita dan kebanggaan Masyarakat Ulumoro’õ Bersatu dapat dideklarasikan pada hari ini, bertempat di Aula Gereja BNKP Pewarta Tangerang. Senin, (16/5/22).

Dituturkan oleh Totonafo Gulo S.H., M.Kn.,  selaku Penasihat mengatakan bahwa bila diingat kembali, pada awal pembentukan akan Persatuan Masyarakat Ulumoro’ö Bersatu yang kemudian dikenal dengan sebutan MUBER, dimulai dari adanya ide dari para tokoh-tokoh Masyarakat Ulumoro’õ yang berdomisili di Jabodetabek. Ide sederhana ini dimaksudkan untuk menghimpun seluruh masyarakat Ulumoro’õ yang ada di perantauan agar dapat saling mengenal dan saling menolong dan mendukung baik dalam suka maupun duka. Beranjak dari kerinduan ini, maka beberapa pengurus organisasi desa di wilayah Ulumoro’õ yang berdomisili di Jabodetabek dihimpun dalam pertemuan dan bersepakat untuk membentuk sebuah wadah organisasi yang mempersatukan 5 desa (Desa Lawelu, Desa Salo’o, Desa Bukit Tinggi, Desa Hilibadalu, Desa Hili Sangawöla) di Kecamatan Ulumoro’ö yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45.

Sebagai bukti rasa cinta dan kerinduan akan Masyarakat Ulumoro’ö Bersatu maka diberikanlah mandat kepada Bapak Yasokhi Gulõ, S.E., sebagai Ketua Tim Pelaksana. Hal ini dimaksudkan dengan tujuan agar dapat merangkul seluruh masyarakat Ulumoro’õ yang dimulai lewat sarana WhatsApp Grup yang diberi nama “Forum Milenial Ulumoro’ö” pada Jum’at, 7 Mei 2021.

Dalam merealisasikan mimpi ini lewat mandat dan kepercayaan yang telah diberikan, maka diadakanlah pertemuan perdana pada tanggal 20 Mei 2021 di Lotus Amsterdam Kutabumi Tangerang. Pertemuan ini dihadiri oleh seluruh tokoh dan pemuda Ulumoro’õ yang ada di JABODETABEK. Kegiatan ini disambut baik dan bersepakat untuk membentuk sebuah Persatuan diberikan nama Masyarakat Ulumoro’õ Bersatu (MUBER). Dengan semangat dan kebanggaan inilah Tim Pelaksana, bersama Pengarah/Penasihat dan seluruh anggota bergandengan tangan untuk mewujudkannya.

Jatuh bangun itu terjadi, masalah dan tantangan itu ada, perbedaan pendapat pun nyata. Namun semuanya itu menjadi kekuatan yang mempersatukan hingga pada hari ini, Masyarakat Ulumoro’õ Bersatu (MUBER) dapat di Deklarasikan.

Pelaksanaan Deklarasi hari ini didukung penuh oleh Bupati Nias Barat-Khenoki Waruwu, Camat Ulumoro’õ, Kepala Desa Lawelu, Kepala Desa Salo’o, Kepala Desa Bukit Tinggi , Kepala Desa Hilibadalu , Kepala Desa Hili Sangawöla, Tokoh Masyarakat Nias Barat dan Ulumoro’õ, serta seluruh Masyarakat Ulumoro’õ. Yasokhi Gulõ,SE selaku Ketua Pelaksana Deklarasi Masyarakat Ulumoro’ö Bersatu (MUBER) mengatakan bahwa besar harapan melalui kegiatan ini, Masyarakat Ulumoro’ö di JABODETABEK dapat semakin erat dalam persautuan dan persaudaraan. Dan tentunya sebagai perantau, Masyarakat Ulumoro’ö di JABODETABEK dapat tetap melestarikan adat istiadat Ono Niha yang adalah warisan nenek moyang. Disampaikan juga bahwa Logo MUBER didesain oleh Jurisman Waruwu M.com., dan revisi kembali oleh Fa’anö Gulö, S.Pd., dinyatakan sebagai dedikasi atas kebanggan dan kecintaan akan Masyarakat Ulumoro’õ Bersatu (MUBER).

Kegiatan Deklarasi Masyarakat Ulumoro’ö Bersatu (MUBER) pada hari ini diawali dengan Ibadah Syukur yang dipimpin oleh Pdt Arif Yupiter Gulo M.Th, yang kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Deklarasi oleh Bapak Amonius Gulö, dan Pelantikan Pengurus Masyarakat Ulumoro’ö Bersatu (MUBER) Periode 2022 s.d 2026 oleh Dewan Penasehat, Pembacaan AD/ART oleh Bapak Fa’anö Gulö, S.Pd., dan Kata-Kata Sambutan.

Pada kesempatan ini, disampaikan juga oleh Ketua Pelaksana Deklarasi Dan Penasehat, Badan Pengurus Harian Masyarakat Ulumoro’ö Bersatu (MUBER) Periode 2022 s.d 2026, Ketua Umum:Yasökhi Gulö, SE, Wakil Ketua I: Flekmatis Gulö, Wakil Ketua II: Yusman Gulö, Sekretaris Umum: Robin Insaf Gulö, SE, Wakil Sekretaris I: Kardoni Gulö, M. Kom, Wakil Sekretaris II: Anugerah Putra Gulö, Bendahara Umum: Penerimaan Gulö, Wakil Bendahara: Karunia Firman Gulö, S. Kom.  Ditambahkan lagi oleh Yasokhi Gulõ, SE dengan adanya Deklarasi Masyarakat Ulumoro’ö Bersatu (MUBER) maka diharapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam kehidupan masyarakat Nias Barat dan khususnya Ulumoro’ö. Ya’ahowu!

OwenPutra/Yp

Tinggalkan Balasan