Isu Reshuffle, 5 Menteri di Panggil Ke Istana oleh Presiden Joko Widodo

ZONAPERS.com, Jakarta – Mengenai Isu Reshuffle Kabinet Menteri, Presiden Joko Widodo dikabarkan akan merombak kabinetnya pada 15 Juni 2022, bertepatan dengan Rabu Pahing pada penanggalan Jawa.

Beberapa waktu lalu Pernah di tanyakan dan Jokowi membantah. Dengan mengatakan belum ada rencana merombak kabinet. Dikatanya usai meresmikan masjid At Taufik di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (8/6/2022).

Sementara, Sekretaris Kabinet Pramono Anung tak memberikan jawaban pasti. Dia hanya mengatakan, reshuffle sepenuhnya menjadi kewenangan presiden.

“Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif presiden, mau ganti kapan saja ya terserah presiden,” ujar Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (14/6/22) pagi.

Justru Kabar reshuffle kian menguat lantaran sejumlah menteri dan wakil menteri dipanggil ke Istana Negara pada Selasa sore.

Pemanggilan 5 menteri yaitu Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, hingga Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Menteri BUMN Erick Thohir,

Ada pula mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto, serta Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra.

Saat ditanya wartawan soal agendanya di Istana, hampir seluruh menteri enggan bicara. Sofyan Djalil misalnya, mengaku tak tahu menahu apakah pemanggilannya ini terkait dengan isu reshuffle atau tidak.

“Enggak tahu. Tunggu saja nanti Pak Presiden. Rapat aja kali,” katanya.

Pemanggilan 5 Menteri oleh Presiden Joko Widodo mungkin terfokus Reshuffle untuk ke limanya, di tambah dengan Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto, ataukah beberapa orang akan mengisi 10 kursi Wamen yang Kosong dengan Orang Baru.

Adapun 10 Kursi Wamen Kosong

Sejak tahun lalu, Presiden Jokowi ‘gemar’ menerbitkan perpres yang isinya mengatur posisi wamen. Beberapa posisi wamen sudah terisi, namun ada 10 yang hingga kini masih tak berpenghuni.

1. Wakil Menteri Sosial

2. Wakil Menteri ESDM

3. Wakil Menteri Investasi

4. Wakil Menteri PPN/Wakil Kepala Bappenas

5. Wakil MenPAN-RB

6. Wakil Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

7. Wakil Menteri Koperasi dan UKM

8. Wakil Menteri Perindustrian

9. Wakil Menteri Ketenagakerjaan

10. Wakil Menteri Dalam Negeri.

Kita tunggu saja pengumuman Resmi Oleh Presiden Joko Widodo Besok Rabu tanggal (15/06/2022).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.