Perhatikan, Ini Perubahan Rute KRL Lintas Bogor dan Bekasi yang Berlaku Mulai Hari Ini

ZONAPERS.com, Jakarta – Rute perjalanan kereta rel listrik (KRL) Commuterline mengalami perubahan dan mulai berlaku pada hari ini, Sabtu (28/5/2022).

Perubahan ini terjadi seiring adanya rencana pelaksanaan switch over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai, untuk menjadikan stasiun tersebut sebagai stasiun sentral. 

Perubahan rute terjadi pada lintas Bogor/Depok dan Cikarang/Bekasi. Adapun untuk Lintas Rangkasbitung, Lintas Tangerang dan KA Bandara Soetta tidak ada perubahan rute.

KRL Lintas Bogor/Depok

Vice President (VP) Corporate Communication Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, dalam pelaksanaan SO ke-5 tersebut, perjalanan KRL lintas Bogor hanya melayani relasi Bogor, Depok, dan Nambo menuju Jakarta Kota melalui Stasiun Manggarai.

“Seluruh perjalanan KRL pada lintas tersebut akan dilayani di peron jalur 10, 11, 12, dan 13 Stasiun Manggarai,” ujar Anne.

Dengan demikian, rute KRL Commuterline yang menuju Stasiun Tanah Abang, Stasiun Sudirman, dan Stasiun Kampung Bandan dihapus.



“Para pengguna yang akan menuju Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Jatinegara, dan Stasiun Bekasi dapat melakukan transit di Stasiun Manggarai dan menunggu keberangkatan KRL di peron jalur 6 atau 7,” ucap Anne.

Anne mengungkapkan, untuk mendukung pola operasi tersebut, nantinya jumlah perjalanan KRL lintas Bogor/Depok/Nambo sebanyak 406 per hari.

Pada SO ke-5 ini, kata Anne, kecepatan perjalanan KRL Commuterline lintas Bogor akan mengalami perubahan.

Sebelumnya kecepatan maksimal hanya 70 km per jam, kini meningkat menjadi 90 km per jam dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun Jakarta Kota dengan jarak waktu antara rata-rata lima menit.

Sementara kecepatan perjalanan dari Bogor menuju Manggarai masih tetap 70 km per jam dengan headway perjalanan rata-rata lima menit,” ujarnya.

KRL Lintas Cikarang/Bekasi

Rute perjalanan KRL Bekasi/Cikarang juga mengalami perubahan mulai hari ini. 

KRL dari Bekasi atau Cikarang tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota ditiadakan mulai 28 Mei sehingga penumpang yang menuju ke Stasiun Jakarta Kota harus transit di Stasiun Manggarai.

Rute KRL dari Bekasi atau Cikarang diubah menjadi tujuan Stasiun Tanah Abang, Pasar Senen, dan Jatinegara.

Anne Purba mengatakan, dalam pelaksanaan SO ke-5 tersebut, perjalanan KRL lintas Bekasi atau Cikarang dibagi menjadi dua skema operasi.

“Dua skema yakni rull racket (looping) dan half racket,” kata Anne dalam keterangannya, Minggu (22/5/2022).

Anne menambahkan, jumlah frekuensi perjalanan lintas Bekasi atau Cikarang untuk skema full dan half racket sebanyak 246 per hari.

Pada SO-5 akan ada perubahan kecepatan Lintas Cikarang/Bekasi via Manggarai dari 70 km/jam menjadi 95 km/jam.

Sedangkan untuk Lintas Cikarang/Bekasi via Pasar Senin tak akan mengalami perubahan kecepatan.

Berikut 4 rute Cikarang/Bekasi yang berlaku mulai 28 Mei:

1. Full racket A

Stasiun Cikarang-Metland Telaga Murni-Cibitung-Tambun-Bekasi Timur-Bekasi-Kranji-Cakung-Klender Baru-Buaran-Klender-Jatinegara-Matraman-Manggarai-Sudirman-Karet-Tanah Abang-Duri-Angke-Kampung Bandan-Rajawali-Kemayoran-Pasar Senen-Gang Sentiong-Kramat-Pondok Jati-Jatinegara-Klender-Buaran-Klender Baru-Cakung-Kranji-Bekasi-Bekasi Timur-Tambun-Cibitung-Metland Telaga Murni-Cikarang

2. Full Racket B

Stasiun Cikarang-Metland Telaga Murni-Cibitung-Tambun-Bekasi Timur-Bekasi-Kranji-Cakung-Klender Baru-Buaran-Klender-Jatinegara-Pondok Jati-Kramat-Gang Sentiong-Pasar Senen-Kemayoran-Rajawali-Kampung Bandan-Angke-Duri-Tanah Abang-Karet-Sudirman-Manggarai-Matraman-Jatinegara-Klender-Buaran-Klender Baru-Cakung-Kranji-Bekasi-Bekasi Timur-Tambun-Cibitung-Metland Telaga Murni-Cikarang

3. Half racket A

Stasiun Cikarang-Metland Telaga Murni-Cibitung-Tambun-Bekasi Timur-Bekasi-Kranji-Cakung-Klender Baru-Buaran-Klender-Jatinegara-Matraman-Manggarai-Sudirman-Karet-Tanah Abang-Duri-Angke-Kampung Bandan.

4.Half racket B

Stasiun Cikarang-Metland Telaga Murni-Cibitung-Tambun-Bekasi Timur-Bekasi-Kranji-Cakung-Klender Baru-Buaran-Klender-Jatinegara-Matraman-Manggarai-Sudirman-Karet-Tanah Abang-Duri-Angke

Peta dan Jadwal KRL Terbaru

Bagi Anda yang masih bingung dengan rute baru KRL mungkin bisa memahami gambaran rute terbaru KRL melalui peta.

Peta rute stasiun KRL di wilayah Jabodetabek dan Merak yang mulai berlaku 28 Mei 2022 bisa diunduh melalui link berikut: Donwload peta rute KRL Jabodetabek dan Merak

Sementara itu, Jadwal KRL terbaru yang akan berlaku 28 Mei 2022 bisa disimak melalui situs resminya.
Dilansir dari kompas.com ( Hans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.