Satu Lagi Tujuan Wisata Kuliner Dan Budaya Tionghoa Diakui Oleh Warga Jakarta

ZONAPERS.com, Jakarta – Menjelang habisnya masa jabatan Gubernur DKI banyak ikon ataupun tempat publik yang dibenahi oleh Anies Baswedan, yang terbaru adalah diresmikannya Gapura Chinatown diarea pecinan Glodok. Berikut pantauan awak media zonapers.com ketika mengabadikan prosesi pembukaan layar merah yang sebelumnya menutupi Gapura tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meresmikan Gerbang Chinatown Jakarta sebagai salah satu ikon baru Pecinan Glodok, Jakarta Barat, pada Kamis 30 Juni 2022 sekitar pukul 16.30.

Peresmian ini sekaligus menetapkan kawasan Glodok Chinatown sebagai Desa Wisata Tionghoa tertua di Indonesia. Desa Wisata Pecinan Glodok yang berlokasi di Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, ini merupakan salah satu dari 50 besar desa wisata peraih Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Di desa wisata ini, masyarakat bisa menikmati arsitektur unik dan ornamen-ornamen China, di antaranya Pancoran Chinatown Point yang merupakan destinasi baru dan tempat strategis bersejarah.

Ada juga Petak Enam yang merupakan tempat wisata kuliner, tepatnya di Gedung Chandra Glodok. Bangunan Petak Enam memiliki desain dan arsitektur unik dengan hiasan lampion merah dan ornamen-ornamen khas China.

Desa Wisata Pecinan Glodok juga memiliki kesenian khas termasuk Tanjidor, Ondel ondel, Silat Beksi, Barongsai, serta ragam budaya menarik lainnya seperti Cap Go Meh, Candra Naya, dan Klenteng Toa Se Bio.

Semoga dengan adanya ikon baru di jakarta barat ini,dapat menarik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara agar dapat merasakan suasana dari budaya Tionghoa yang juga bagian dari warga negara Indonesia dan menjadi simbol keanekaragaman Budaya serta kuliner.

Editor: Hans Montolalu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.