Sedekah Bumi Desa Tlogorejo Kabupaten Pati


Zonapers.com,Kabupaten Pati-Kirab Budaya yang merupakan rangkaian acara Sedekah Bumi Desa Tlogorejo Kecamatan Tlogowungu,Kabupaten Pati, Kirab budaya dengan Gunungan Hasil bumi,beserta arak-arakan kereta kencana, marching Band Bahana Suara Salafiyah Kajen serta atraksi lainnya, mampu menyedot perhatian warga sekitar, Jum’at,[ 3/6/22].


Nah, yang sedang musim di Pati saat ini adalah sedekah bumi. Sedekah bumi atau bersih desa ialah tradisi yang rutin digelar setiap tahun. Tradisi ini diyakini masyarakat setempat mengandung unsur tuah dan kesakralan sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen. Bentuk upacara untuk melangsungkan sedekah bumi juga berbeda-beda, biasanya hal ini dikenal dengan istilah mowo deso mowo coro (setiap desa memiliki cara atau adat sendiri-sendiri).


Dalam acara kilas dihadiri oleh para aparatur desa yakni bapak drs.suharno,camat bapak drs.Jabir s.h.m.m. beserta Danramil Letda inf Bambang wilopo.
Adapun dalam sisi acara di awali dengan doa pembukaan yang di pimpin bpk camat,semuga acara sedekah bumi di kasih kelancar oleh Tuhan YME [ ALLAH]. Kirab sedekah Bumi iring-iringan sesaji di atas mobil pic up yang dihias dari hasil bumi,di susul dengan rombongan BPD dan Kepala Desa Drs suharno beserta keluarga naik kereta kencana ikut prosesi jalannya Kirab Sedekah Bumi.
“Kepala desa Tlogorejo Drs Suharno menyampaikan budaya sedekah bumi sudah dilakukan sejak nenek moyang, Adanya ketiga air sendang terletak di desa Tlogorejo menjadikan masyarakat Tlogorejo walaupun dimasa musim kemarau tidak kekurangan air walaupun musim kemarau panjang menerjang.


Ketiga air sendang Buton , Sendang Salak, sendang Tlogowungu dijadikan satu wadah kendi ( kendi suci).Prosesi kendi suci dari mata air ketiga sendang diberikan sesepuh desa Tlogorejo hingga ditumpahkan kembali ke tanah asal mula.


Ibu kades Dra. Eni Sumaryati juga ikut andil dalam berlangsung nya sedekah bumi, untuk memberi semangat bagi Masyarakat desa Tlogorejo kususnya wanita dan tidak perlu malu ikut andil dalam kirab budaya sedekah bumi Desa Tlogorejo.


Tidak berhenti di situ, kesenian masyarakat Jawa juga turut ditampilkan yakni wayang kulit,kesenian ini wajib ada dalam rangkaian acara sedekah bumi, dimana wayang kulit akan dimainkan pada siang hari.

pewarta, endro L

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.