Tanggul Sungai Jebol, Kapolsek Karangtengah Melaksanakan Peninjaun Guna Penanggulangan

Zonapers.com,Demak-Kapolsek Karangtengah AKP M.Sigit Hadi.K, S.E, bersama Anggotanya, Danramil 09/Karangtengah Kapten Mulyadi bersama Anggota, Tim BPBD Demak, Kepala Desa Batu Bapak Sodikun beserta perangakat melaksanakan peninjauan ke lokasi tanggul sungai Setu yang jebol di Dukuh Ceper Desa Batu Kecamatan Karangtengah Sabtu Siang pukul 12.00 Wib, Sabtu (21/05/2022).

Disampaikan pada malamnya wilayah Semarang dan Demak cuaca hujan cukup tinggi sehingga debit air sungai Setu Desa Batu mengalami kenaikan

Kapolsek Karangtengah AKP M.Sigit Hadi.K, S.E, menjelaskan kronologi kejadian tanggul jebol diketahui pada hari sabtu sekira jam 06.00 wib saat saudara Sudar warga dukuh ceper RT 02/01 desa batu yang berangkat ke sawah melihat tanggul sungai terjadi limpasan air kemudian saudara Sudar melaporkan kepada kades dan para petani, Kemudian bersama-sama untuk bergotong royong melaksanakan upaya awal guna membendung limpasan air.

“Karena derasnya air upaya pembendungan warga tidak mampu membendung air sehingga mengakibatkan tanggul sungai Setu jebol yang jebol melebar sepanjang +- 4 M, Dengan lebar tanggul +- 6 meter dan kedalaman +- 5 meter pada pukul 11.00 wib” Terangnya.

Dampak tanggul jebol Menggenangi areal persawahan +- 100 hektar,75 hektar tanaman padi dan 25 hektar tidak ada tanaman

Lebih lanjut, dia mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pihak BBWS Semarang dan BPBD Demak serta Kepala Desa Batu dan Warga guna dilakukan penanganan tanggul yang jebol.

Tanggul jebol Sungai Setu akan dipasangi patok bambu dan tanah yang di masukkan ke dalam karung

Hasil koordinasi dengan Kades Batu dan Petugas BBWS untuk penanganan tanggul jebol kali setu, Dari BBWS akan menurunkan alat berat beserta material yang akan digunakan untuk pembendungan tanggul yang jebol.

“Untuk sementara kami menungu alat berat yang dinturunkan oleh BBWS Semarang,” Ujar Kapolsek.

red,humas,aj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.