Usai Garap Menara Selfi, Kelompok Takat Manuk Gelar Tasyakuran

ZONAPERS.COM, Gilimanuk – Guna meningkatkan perekonomian melalui pariwisata, Warga Gilimanuk yang tergabung dalam satu wadah bernama Kelompok “Takat Manuk” yang bersekretariat di Jalan Curik Teluk Gilimanuk, Kelurahan Gilimanuk Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana – Bali. Mengadakan acara tasyakuran guna memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar tempat wisata yang ia kelola ramai di datangi pengunjung.

Dari keterangan yang dapat di himpun oleh awak media saat di lokasi tempat anggota kelompok “Takat Manuk” berkumpul Abu Hasan yang tak lain sebagai ketua kelompok tersebut mengatakan, tujuan dibentuknya kelompok Takat Manuk tidak lain memanfaatkan potensi alam yg ada agar nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat Gilimanuk khusunya.

Lanjut dia menjelaskan, Teluk Gilimanuk yang memiliki beragam daya tarik wisatawan tentunya perlu di kelola semaksimal mungkin, di teluk Gilimanuk ada puluhan jenis pohon mangrove, berbagai jenis biota laut serta memilik 3 (tiga) pulau selain itu juga mempunyai pemandangan yang indah saat pagi dan sore hari. Namun hal itu belum cukup perlu kami tambah.

Ia juga menambahkan, “Kelompok Takat Manuk yang beranggotakan 20 orang yang semuanya warga masyarakat Gilimanuk, kurang lebih 3 (tiga) bulan terhitung dari bulan Oktober sampai Desember 2020 kami adakan kegiatan yaitu membuat sarana pendukung Destinasi wisata berupa menara panggung yang kami tempatkan di tengah laut di atas timbunan pasir yang di bentuk oleh alam itu sendiri, orang menyebutnya Takat Manuk.” Katanya.

Sementara itu dari keterangan Sekretaris Kelompok Takat Manuk (Nasehat) mengatakan, pembuatan menara tempat wisatawan ber Selfi dananya di dapat dari Swadaya kelompok selain itu juga didapat dari sumbangan sukarela dari pengunjung yang datang berwisata ke Teluk Gilimanuk, paparnya.

Dengan terwujudnya membuat menara tempat wisatawan melakukan aktifitas selfi, maka anggota kelompok Takat Manuk mengadakan acara syukuran, acara tersebut dihadiri oleh seluruh anggota kelompok Takat Manuk. Acara tersebut dilaksanakan di Teluk Gilimanuk. Senin, (14/12/2020) sekira pukul 16.00 Wita.

Tujuan dari acara syukuran yang di adakan oleh kelompok Takat Manuk tidak lain untuk memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan juga memohon agar apa yang di kelola oleh kelompok Takat Manuk bisa berjalan lancar selain itu juga memohon agar ramai pengunjung, jelas Holil kepada awak media.

Adapun harapan dari Kelompok Takat Manuk, kedepan memohon agar Pemerintah Daerah mau memperhatikan kami agar supaya kami bisa meningkatkan kesejahteraan anggota dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat pedagang, penyewa sampan, dan ojek atau trasportasi lainnya yang ada di Gilimanuk. ucap Holil.

Ditempat yang sama, Gede Suantara mengatakan, Dalam pengelolaan pantai dan pesisir berikut batasan wilayah pengelolaan Teluk Gilimanuk sudah mendapat restu atau ijin dari Kepala Lingkungan, kata Gede Suantara.

Acara selanjutnya diakhiri dengan kegiatan keliling pantai dengan mengitari pulau kalong yang mana di pulau tersebut ditumbuhi sejumlah jenis pohon mangrove dan ditengah – tengah terdapat Pura yang di beri nama Pura Gilimaya.

Zp2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *