Atap Salah Satu Tribun Sirkuit Formula E Di Ancol Roboh

oleh -43 views



ZONAPERS.com, Jakarta, – Kurang dari sepekan, balapan Formula E di DKI Jakarta akan digelar. Namun, atap salah satu tribun sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, itu roboh. Peristiwa itu terjadi pada Jumat 27 Mei 2022 malam sekitar pukul 23.00 WIB. Atap grandstand Formula E tersebut roboh akibat diterjang angin kencang dan hujan deras.

Ketua Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni saat mengatakan, angin kencang dan hujan Badai tadi malam, akibatnya satu grandstand yang roboh, dibagian atapnya. Saat dikonfirmasi, Sabtu (28/5/2022).

Sahroni memastikan tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Ia mengatakan petugas sudah kembali memperbaiki kerusakan di grandstand tersebut dan perbaikan diperkirakan akan selesai Minggu 29 Mei 2022 hari ini.

Tiang Penyangga Atap Tribun Diduga Kurang Kuat
Atap salah satu tribun di sirkuit Formula E roboh akibat diterjang angin kencang dan hujan. Polisi menduga robohnya atap tiang Tribun karena masalah konstruksi.

“Kerusakan diakibatkan tiang penyangga kurang kuat. Itu (keterangan) dari koordinator penanganan sirkuit, ya,” kata Kapolsek Pademangan Kompol Happy Saputra saat dihubungi awak media Sabtu 28/5/22.

“Jadi mungkin tiangnya kurang kuat. Mungkin dia didesain, mungkin di negara kita cukup kuat hujannya, jadi tidak cukup kuat penyangganya,” tambahnya.

Dari keterangan awal, pihak pengelola sirkuit Formula E menyebut pembangunan atap Tribun itu telah selesai. Namun, persoalan teknis rekonstruksi membuat atap tribun roboh ketika diterjang hujan.

“Sudah, sudah jadi. Tapi ya ada faktor teknis di dalam konstruksinya. Makanya kita rencana ada ngobrol lagi dan penekanan serta memberikan masukan jangan sampai pada hari-H (kejadian lagi),” ucap Happy.


Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto mengatakan atap tribun Formula E roboh karena belum selesai konstruksi. Ditambah angin kencang yang sempat terjadi di lokasi.

“Benar untuk atapnya (belum selesai konstruksi),” tutur Widi ketika dihubungi Sabtu (28/5).

Widi mengatakan saat ini tribun yang roboh sedang dalam proses perbaikan. Dia menargetkan perbaikan atap selesai besok.


Atap tribun penonton atau grandstand Formula E di Ancol, Jakarta Utara, roboh. Polda Metro Jaya mengatakan pihaknya masih menyelidiki penyebab robohnya atap tribun tersebut.

“Jadi benar adanya ambruknya (atap tribun) itu tidak ada korban jiwa. Penyebabnya masih dalam penyelidikan. Penyebabnya itu kan sementara ini karena angin kencang karena hujan yang semalam itu, sementara itu,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan saat dihubungi wartawan, Sabtu (28/5).

Zulpan mengatakan pihaknya panitia Formula E sedang memperbaiki tiang atap tribun yang roboh tersebut. Lebih lanjut, Zulpan memberi masukan kepada panitia untuk memperhatikan aspek keselamatan di arena Formula E tersebut. Mengingat, pelaksaan Formula E akan digelar dalam waktu dekat.

“Masukannya agar lebih diperhatikan faktor keselamatan untuk penonton, mengingat waktu pelaksanaan tinggal satu minggu lagi,” tuturnya. ( Hans)

Tinggalkan Balasan