Wartawan Harus Menjadi Garda Terdepan Bagi Kemajuan Bangsa

zonapers.com, Banten.

Setiap tahunnya, Hari Pers Nasional (HPN) diperingati pada 9 Februari dengan tema yang berbeda-beda. 

Pada tahun ini, peringatan HPN 2022 mengangkat isu lingkungan serta masalah masa depan jurnalis di tengah perkembangan teknologi komunikasi dan media. 

Dalam tema tertuang dalam 40 rangkaian kegiatan HPN 2022. Misalnya saja konvensi media massa di tanggal 7 dan 8 Februari 2022, pariwisata bangkit, seminar energi dan pertambangan, seminar moneter & fiskal, Workshop pendidikan jurnalistik, Diskusi Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Klinik Penulisan Kebudayaan, hingga bakti sosial.9/02/2022.

Untuk semua Rekan-rekan pers tetap menjadi garda terdepan di dalam pemberitaan yg bermutu,untuk selalu berkarya dengan berita yang akurat dan uptodate.

Pada kesempatan taun ini HPN  dirayakan di Kendari, Sulawesi Tenggara yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan di setiap kegiatannya. Namun, agar kegiatan tersebut juga dapat diikuti oleh masyarakat, panitia telah menyiapkan siaran langsung yang dapat diakses lewat kanal Youtube. 

untuk mengadakan HPN tercetus pada saat Kongres ke-28 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Kota Padang, Sumatera Barat pada 1978. Para masyarakat pers ingin menetapkan satu hari untuk menjadi titik peringatan peran dan keberadaan pers di lingkup nasional. 

Kemudian, pada 19 Februari 1981, sidang ke-21 Dewan Pers secara resmi menyetujui peringatan HPN tahunan. Kemudian, Presiden Soeharto lewat Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985 pun resmi menetapkan HPN sebagai salah satu sejarah perjuangan penting di Indonesia. Sejak saat itulah, HPN mulai dilaksanakan rutin di Indonesia.

( Bonang Achsan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.