Desa Tendas Resmi Jadi kampung Pancasila, Berkat Peran Koramil 03 Tayu

https://zonapers.com/koramil-013-dan-kades-tlogorejo-tlogowungu-pati-serta-karang-taruna-kompak-ciptakan-masyarakat-ber-bhinneka-tunggal-ika/

ZONAPERS.com, Pati – Koramil 03 Tayu meresmikan kampung Pancasila di Desa Tendas kecamatan Tayu yang Berjarak sekitar 2 km dari kantor Koramil Tayu. Peresmian kampung Pancasila dihadiri oleh Muspika, Tokoh agama, KUPT, dan 21 Kepala Desa yang ada di kecamatan Tayu, serta Warga. Acara peresmian Kampung Pancasila berlangsung di halaman Desa Tendas. Selasa (30/5/22).

Adapun Persiapan yang harus dilakukan beberapa hari sebelumnya, pengecatan, Melukis Burung Garuda Pancasila, Pandang Bendera, membuat tugu Pancasila.

Kapten Inf. Suwoyo Komandan Koramil 03 Tayu yang Menjalankan perintah kodim 0718 Pati Letkol Inf. Catur Irawan S.I.P., M.I.P., membentuk kegiatan kampung Pancasila diseluruh Teritorial wilayah hukumnya, untuk Koramil 03 Tayu memilih salah satu dengan lewat penilaiaan di antara 21 desa yang ada di kecamatan Tayu. Untuk nantinya menjadi Desa percontohan kampung Pancasila.

Bersama dengan Koramil 03 Tayu, Koordinasi kepada Camat Tayu, kepala Desa Tandas, dan akhirnya terpilih desa Tendas yg akan di jadikan percotohan Desa.

Kapten Inf. Suwoyo mengatakan kegiatan kampung Pancasila di Desa Tendas kecamatan Tayu, sebagai bentuk akan Tumbuh Rasa Jiwa Pancasila dan jiwa Patriotisme Terterapkan kembali, seperti pada Zaman dulu.

Sekarang anak – anak sekarang terpicu oleh media sosial yang makin canggih. Yang mengakibatkan nilai Pancasila menurun.

Acara peresmian kampung Pancasila desa Tendas Kecamatan Tayu, membaca puisi, membacakan Pancasila, Menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia raya, hingga menyerahkan simbul Garuda Pancasila di depan kantor Desa Tendas. Imbuh kapten Inf. Suwoyo.

Kapten inf suwoyo kegiatan ini nantinya akan merambah ke Desa lain sekecamatan Tayu, dan pendidikan sekolah – sekolah, kodim 0718 Pati sudah kordinasi dengan Dinas Pendidikan kabupaten Pati, semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan oleh Tuhan yang maha esa kita syukuri dengan kenikmatan.

Di tempat yang sama Kepala Desa Tendas M.Rozi, masyarakat kami ada 2400 hak pilih, terbagi 3 Penduduk, Beragam agama, Nasrani , Islam , Saptodarmo kepercayaan, tidak menjadi Maslah justru kesehariannya
Hidup Berdampingan, Rukun Damai, hampir tidak ada gesekan antar umat, baik disisi hasil bumi petani, dan pedagang.



Atas kehadiran kodim 0718 Pati yang dipimpin Letkol Inf. Catur Irawan S.I.P., .M.I.P, melalui koramil 03 Tayu , Kapten Inf. Suwoyo Desa Tendas terpilih Desa percontohan mewakili 21 desa yang ada di kecamatan Tayu, semoga Desa Tendas bisa membawa contoh lebih baik dari 21 Desa.


Selaku Kepala Desa Tendas mensyukuri kepada Tuhan yang maha esa, dan Berterimakasih kepada kodim 0718 Pati , Koramil 03 Tayu.
Gagasan TNI sangat baik isi Pancasila serta makna 5 sila dan 36 butir bisa diterapkan kembali seperti zaman dulu kala.

Dwi nuryanto S.H, sebagai Camat Tayu turut hadir peresmian kampung Pancasila di Desa Tendas. Kampung Pancasila ini suatu kegiatan yang menumbuhkan jiwa anak bangsa bersemi kembali menghargai perjuangan pahlawan kita jaman melawan penjajahan, kegiatan kampung Pancasila tidak hanya habis di setelah peresmian, tapi kepala Desa Tendas beserta jajarannya supaya mengadakan sosialisasi kepada masyarakat khususnya Desa Tendas, melaksanakan makna dari dasar Pancasila, guyub rukun, saling bertoleransi antar umat agama, bantu membantu dalam kegiatan lingkunga Tendas.(Endro L).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.