Dirbinmas Polda Banten Hadiri Musda V MUI Provinsi Banten di Tangsel

Zonapers.com, Tangsel – Dirbinmas Polda Banten AKBP Sofwan Hermanto hadiri pembukaan musyawarah daerah (Musda) ke V Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten, yang bertempat di Gedung Graha Widya Bhakti Puspiptek, Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan pada Jum’at (3/12) malam.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Ketum MUI Pusat Dr. KH. Anwar Abbas, Gubernur Banten Dr. H. Wahidin Halim, Ketua MUI Provinsi Banten Dr. KH. A. M. Romly, Wakil Walikota Tangsel H. Pilar Saga Ichsan, Danrem 064/MY Brigjen TNI Yunianto, Danrem 051 Wijayakarta Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha serta tamu undangan lainnya.

Musda ini dilaksanakan 3-5 Desember 2021. Banyak program yang akan digarap pada Musda V MUI Banten tersebut, antara lain penentuan program kerja, penyusunan rekomendasi dan pemilihan Ketua Umum MUI Banten 2021-2026.

Mengawali kegiatan, Wakil Walikota Tangsel Pilar Saga memberikan sambutannya. “Peran Alim Ulama di Era Digital sekarang ini tentang perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat telah mengubah cara tata hidup masyarakat kita, pada akhirnya berimbas terhadap bergesernya tata nilai yang dipegang dan diyakini selama ini, bahkan hingga berubahnya gaya hidup masyarakat yang sedemikian rupa menjadi beraneka ragam. Peran Ulama di tengah-tengah masyarakat adalah menjadi stabilitator dan penjaga moralitas umat muslim serta menjadi partner Pemerintah dalam pembangunan di lingkungan masyarakat,” ucap Pilar.

“Mohon doa untuk kelancaran program kepada hadirin sekalian, kami sedang rancang program 1.000 Hafiz Qur’an 1.000 beasiswa yang insya Allah para sarjana kita kedepan di Tangerang Selatan ini memiliki landasan Islam yang sangat kuat, bagaimanapun Umaro tetap membutuhkan pengawasan dan bimbingan dari para Ulama tentu saja agar pemerintahan berjalan dan kemaslahatan masyarakat dapat dicapai atau dalam bahasa Alquran untuk mewujudkan baldatun toyyibatun warobbun ghofur atau negeri yang baik penuh ampunan dari Allah SWT,” tambah Pilar.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketum MUI Pusat Dr. KH.Anwar Abbas berpesan kepada Pemerintah Provinsi Banten. “Agar pemerintah memberikan perhatian lebih untuk fasilitas-fasilitas tempat ibadah, menyikapi perkembangan era modern banyaknya pembangunan fasilitas gedung maupun perumahan estate, saya khawatir akan sulitnya ditemukan lahan untuk didirikan tempat ibadah (masjid),” ungkap Anwar

Lebih lanjut, KH. Anwar menyampaikan bahwa Negara kita Indonesia diprediksi akan menjadi megara yang adikuasa di masa mendatang. “Lembaga riset dan kajian yang terkenal di dunia membuat sebuah prediksi bahwa Indonesia akan menjadi salah satu negara adikuasa di dunia tahun 2040-2050 yang akan datang menjadi salah satu negara adikuasa dimana Indonesia akan menjadi dan menempati posisi nomor 4 terbesar di dunia setelah Amerika, Cina dan India. Sebagai seorang muslim, saya
menginginkan dan mendambakan sebuah negeri yang kita sebut dengan Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghofur sehingga kita harus tetap bersatu dan jangan sampai terpecah belah,” ujar KH. Anwar.

Di akhir kesempatan, Gubernur Banten menyatakan siap membantu terkait pembangunan fasilitas-fasilitas tempat ibadah di Provinsi Banten ini. “Pemerintah Provinsi Banten akan siap membantu pembangunan ibadah masjid di wilayah Provinsi Banten,” tutur Wahidin.

Mengakhiri sambutannya, Wahidin berharap kepada para peserta Musda untuk tetap kuatkan persatuan. “Diharapkan kepada Ulama dan Umaro dapat membantu Pemerintahan ini untuk sama-sama merangkul dan menjaga kerukunan umat beragama, untuk menjaga kesatuan dan persatuan di Provinsi Banten ini,” tutup Wahidin.

Bidhumas, da

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.