Resmi Dilantik Pengurus Kaukus Perempuan Perlemen Sumedang 2020-2024

Zonapers.com. Sumedang.

Sebanyak sembilan Anggota DPRD Kabupaten Sumedang dilantik dan dikukuhkan sebagai Pengurus Kaukus Perempuan Parlemen Kabupaten Sumedang Periode 2020-2024.Prosesi pelantikan dan pengukuhan berlangsung di Ruang Paripurna DPRD Sumedang, Sabtu (15/1/2021).

Jajaran Kaukus Perempuan Parlemen Sumedang dilantik oleh Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, S.Sos, M.M.

Adapun susunan Pengurus Kaukus Perempuan Parlemen Sumedang yang menjalani pelantikan sebagai berikut.
Penasehat, terdiri dari Pimpinan DPRD Sumedang meliputi Ketua DPRD Irwansyah Putra, Wakil Ketua DPRD, Titus Diah, Jajang Heryana, S.E dan H. Ilmawan Muhamad, S.Ag.
Pimpinan teridiri dari Ketua, Titus Diah; Wakil Ketua, Rita Rosana Podesta, S.Ap; Sekretaris, Elly Walimah, S.Km, M.Si, dan; Bendahara, Tita Karlita, S.Ip.

Bidang-bidang terdiri dari Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Hj. Ai Rosmawati, S.P; Bidang Kesehatan Rakyat, Anisa Choeriah, S.Pd; Bidang Budaya, Seni dan Olahraga, Yulianti; Bidang Advokasi, Hukum dan Legislasi, Yanti Siti Nurhayati, S.T dan; Bidang Organisasi, Heti Andorina, S.Sos, M.M. Jajaran pengurus dari Pimpinan Kaukus sampai bidang-bidang merangkap sebagai anggota.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Jabar, Ineu, mengatakan, selepas dilantik, para Pengurus Kaukus Perempuan Parlemen mempunyai sejumlah tugas yang sejalan dengan tugas pokon fungsi DPRD, yaitu memperjuangkan hak-hak dan perlindungan perempuan dan anak.

“Kaukus Perempuan dapat memperjuangkan hak perempuan dan anak dalam regulasi dengan tupoksi DPRD yaitu, melaluo pengawasan, penganggaran dan legislasi,” Ijarnya.
Selain itu, kata Ineu, pihaknya mendorong Kaukus Perempuan Parlemen Sumedang aktif dalam berbagai kegiatan sosial terutama yang menyangkut isu perempuan dan anak.

” Kegiatan aksi sosial bisa disematkan dalam berbagai kegiatan Kaukus, seperti santunan kepada lansia. Kami juga ingin perempuan-perempuan dan anak aktif dalam berwirausaha dan bidang-bidang lainnya,” Ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Sumedang, Titus Diah mengatakan, selepas dilantik, pihaknya akan melaksanakan serangkaian kegiatan sosialisasi baik ke jajaran Pemerintah maupun ke masyarakat.

“Agenda jangka pendeknya tentunya kami akan sosialisasi terkait keberadaan Kaukus Perempuan Parlemen Sumedang,” ungkapnya.
Menurut Titus, dengan adanya Kaukus Perempuan Parlemen, diharapkan dapat mendorong tercapainya kesetaraan gender.

“Dan mengutamakan program-program keberpihakan terhadap perempuan dan anak,” Sebutnya.

Masih di tempat yang sama, Ketua Panitia Pengukuhan dan Pelantikan Kaukus Perempuan Parlemen Sumedang, Ai Rosmawati, mengatakan, sebelum pelaksanaan acara, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan acara.

Ai menuturkan, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih terhadap semua pihak yang sudah membantu jalannya acara.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama jajaran Sekretariat DPRD Sumedang di bawah pimpinan Sekretaris Dewan yang sudah menyukseskan acara ini,” Ungkapnya.

Ai mengatakan, keterlibatan kaum perempuan di parlemen sangat penting karena dapat mempengaruhi berbagai kebijakan yang nanti bermanfaat bagi kepentingan kaum perempuan.

“Kehadiran kaum perempuan di dunia parlemen atau politik sangat penting, ada hal-hal yang tidaj bisa dipikirkan oleh kaum laki-laki, di situ kaum perempuan untuk memberikan warna dalam berbagai kebijakan. Perempuan jangan mau kalah dan jangan takut terjun ke dunia politik,” pungkasnya.

Acara tersebut diisi dengan pembagian santunan berupa sembako kepada para puluhan lansia, petugas kebersihan dan unsur masyarakat lainnya.

( UJS, Sumedang).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.